PAKET PELATIHAN PK GURU DAN PKB
UNTUK GURU PESERTA KKG BERMUTU
KEGIATAN 5:
PEMAHAMAN TERHADAP PROSES PK GURU DAN INSTRUMEN PENDUKUNGNYA
NAMA :
______________________
NO PESERTA :
______________________
INSTANSI :
______________________
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN
PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2011
Kegiatan 5: Pemahaman Terhadap
Proses PK Guru dan Instrumen Pendukungnya (Kegiatan 5 ini dievaluasi)
Tujuan:
Untuk meyakinkan bahwa calon penilai telah
memahami tentang proses PKG dan instrumen-instrumen pendukungnya dengan baik, cukup untuk
menjelaskan semua pertanyaan yang akan muncul dari guru yang terlibat.
Bahan:
Buku pedoman PKG termasuk Pernyataan Kompetensi untuk Guru Kelas/Guru Pembelajaran serta untuk Guru BK/Konselor, lembar
evaluasi dan laporan,
kesimpulan, dan kartu kendali.
Kegiatan
1.
Bacalah pedoman Buku 2 PKG secara individu dan jawablah pertanyaan
berikut ini.
2. Diskusikanlah
di dalam kelompok dan setujuilah hal-hal yang
bersifat umum, serta jawaban kelompok.
Pertanyaan:
a. Untuk
apa dilakukan penilaian formatif?
b. Untuk
apa dilakukan penilaian sumatif?
c. Siapa
yang akan melaksanakan penilaian kinerja guru
d. Mengapa dilakukan penilaian terhadap kompetensi-kompetensi tersebut?
e. Berdasarkan
skala penilaian, apakah yang dapat kita ketahui bila
seorang guru mendapatkan nilai 1 dari hasil penilaian kinerjanya?
f.
Berdasarkan skala penilaian, apakah
yang dapat kita ketahui bila seorang guru
mendapatkan nilai 4 dari hasil penialain
kinerjanya?
g. Pada langkah manakah dilakukan pengamatan dalam penilaian
kinerja guru?
h. Mengapa penilai harus mengikuti prosedur penilaian yang ditetapkan secara runut?
i.
Apa yang akan terjadi kalau seorang
penilai tidak memiliki cukup informasi untuk
menilai satu kompetensi tertentu setelah pengamatan pertama?
j.
Apa yang terjadi kalau guru tidak
menyutujui hasil penilaian?
*) Lengkapi
dengan permainan yang ada dalam Materi
Kuiz Overview PK Guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan berkomtar