efek

by http://www.GugusVSukawangi.blogspot.com
SUSUNAN PENGURUS KKG 05 SUKAWANGI : KETUA : NANDANG , S.Pd BENDAHARA : ACEP.HB, S.Pd Sekretaris : ahmad Julia, S.Pd , GURU PEMNDU 1. DADANG ROHMAN, 2 ACEP HB,S.Pd 3. SUTARTO, S.Pd# KEGIATAN : Pelaksanaan Pertemuan KKG (ON Service Pertm 1,dan 2 : Penilaian Kinerja Guru ,Pertemuan 3: Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan, , Pertm 4 :Program Induksi Guru Pemula (PIGP), Pertm 5 Kajian Kritis, Prtm 6 Model-model Pembelajaran, Pertm 7 Silabus dan RPP Berkarakter Bangsa, Pertm 8: Observasi / Melakukan study visit ke sekolah model /kelompok kerja di dalam kabupaten /kota sendiri, Pertm 9: PTK 1 (perencanaan) , Pertm 10: ICT 1, Pertm 11 PTK 2 ( pelaksanaan tindakan ), Pertm 12 :ICT 2 , Pertm 13 : PTK 3, Pertm 14 Penilaian dan Penyusunan soal Pertm 11( Laporan )
" Welcome To Gugus V Sukawangi Alamat : Sukawangi Kecamatan Sukamakmur Kab.Bogor Massage to : E-mail : gugusVsukawangi@gmail.com Phone Call : 085793393298 See Meet Again ! some times"

Jumat, 20 Januari 2012

PENGGUNAAN INDIKATOR KINERJA GURU DAN PENILAIAN KOMPETENSI


KEGIATAN 4:
PENGGUNAAN INDIKATOR KINERJA GURU DAN
PENILAIAN KOMPETENSI
(Menggunakan video Kimia segmen 1 s.d. 4)

NAMA                : ______________________
NO PESERTA     : ______________________
INSTANSI           : ______________________



KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2011
Kegiatan 4: Penggunaan Indikator Kinerja Guru Dan Penilaian Kompetensi
(Kegiatan 4 ini dievaluasi)

Tujuan: Memberikan kesempatan kepada peserta untuk berlatih menggunakan  instrumen PKG dan membandingkan tujuan pengamatan dengan indikator kinerja sebagai cara untuk melakukan penilaian kinerja guru.

Bahan:   Video Pembelajaran, Bidang studi Kimia di SMA (Segmen 1 – 4); Lembar Evaluasi dan Pelaporan.

Catatan:  Hanya guru pembelajaran saja yang ada dalam paket pelatihan. Meskipun detail prosedur dan sumber informasi adalah berbeda untuk guru pembelajaran dan guru BK. Akan tetapi secara umum prosesnya sama antara guru pembelajaran dengan guru BK yaitu dengan membandingkan apa yang ada dalam pernyataan kompetensi berikut dengan indikatornya dengan hasil observasi/penilaian yang dilakukan. Oleh karenanya, penilai, baik untuk guru BK maupun pembelajaran dapat mengikuti aktivitas sebagai berikut.

Kegiatan
1.      Bacalah pernyataan kompetensi untuk kompetensi 2 dan 3
2.      Simaklah video contoh pembelajaran tanpa melakukan interupsi.
3.      Secara individu, buatlah deskripsi proses pembelajaran dan lakukan prosedur penilaian pada kompetensi
4.      Lakukanlah penskoran untuk setiap indikator pada kompetensi dimaksud, tidak boleh ada satu areapun yang tidak memiliki cukup informasi untuk nantinya akan diberikan nilai dengan pasti.
5.      Di dalam kelompok: a) bandingkanlah nilai yang diberikan pada setiap kompetensi; b) diskusikanlah validitas (keakuratan)
6.      Diskusikan perbedaan jawaban yang muncul antara jawaban peserta.


KOMPETENSI 2
Tanggal
:
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
:
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 



















Tindak lanjut yang diperlukan:

Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak  terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi.
0
1
2
2.       Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
0
1
2
3.       Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
0
1
2
4.       Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
0
1
2
5.       Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
0
1
2
6.       Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 2
                                                    
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator × 2
                                 12                        
Persentase = (total skor/12) × 100%

Nilai untuk kompetensi 2
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)









KOMPETENSI 3
Tanggal
:
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
:
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 



















Tindak lanjut yang diperlukan:




Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak  terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Terpenuhi
seluruhnya
1.       Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
0
1
2
2.       Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
0
1
2
3.       Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
0
1
2
4.       Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 3

Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indikator × 2
                                 8                       
Persentase = (total skor/8) × 100%

Nilai untuk kompetensi 3
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomtar