KEGIATAN 4:
PENGGUNAAN
INDIKATOR KINERJA GURU DAN
PENILAIAN KOMPETENSI
(Menggunakan video Kimia
segmen 1 s.d. 4)
NAMA :
______________________
NO PESERTA :
______________________
INSTANSI :
______________________
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN
DAN
PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2011
Kegiatan 4: Penggunaan Indikator
Kinerja Guru Dan
Penilaian Kompetensi
(Kegiatan 4
ini dievaluasi)
Tujuan: Memberikan
kesempatan kepada
peserta untuk berlatih menggunakan
instrumen PKG dan membandingkan tujuan pengamatan dengan indikator kinerja sebagai cara
untuk melakukan
penilaian kinerja guru.
Bahan:
Video Pembelajaran, Bidang studi
Kimia di SMA (Segmen 1 – 4); Lembar Evaluasi dan Pelaporan.
Catatan: Hanya guru pembelajaran saja yang ada
dalam paket pelatihan. Meskipun detail prosedur dan sumber informasi adalah
berbeda untuk guru pembelajaran dan guru BK. Akan tetapi secara umum prosesnya
sama antara guru pembelajaran dengan guru BK yaitu dengan membandingkan apa
yang ada dalam pernyataan kompetensi berikut dengan indikatornya dengan hasil
observasi/penilaian yang dilakukan. Oleh karenanya, penilai, baik untuk guru BK maupun
pembelajaran dapat mengikuti aktivitas sebagai berikut.
Kegiatan
1.
Bacalah pernyataan
kompetensi untuk kompetensi 2 dan 3
2.
Simaklah video contoh
pembelajaran tanpa melakukan interupsi.
3.
Secara individu, buatlah
deskripsi proses pembelajaran dan
lakukan prosedur penilaian pada kompetensi
4.
Lakukanlah penskoran
untuk setiap indikator pada kompetensi dimaksud, tidak boleh ada satu areapun yang tidak memiliki
cukup informasi untuk nantinya akan diberikan
nilai dengan pasti.
5.
Di dalam kelompok: a) bandingkanlah nilai yang diberikan pada setiap kompetensi; b) diskusikanlah validitas (keakuratan)
6.
Diskusikan perbedaan jawaban
yang muncul antara jawaban peserta.
KOMPETENSI 2
Tanggal
|
:
|
|||
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
:
|
|||
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan:
|
||||
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
||||
Indikator
|
Skor
|
|||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
||
1. Guru memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan
belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang
bervariasi.
|
0
|
1
|
2
|
|
2. Guru selalu memastikan tingkat
pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan
menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman
tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
|
3. Guru dapat menjelaskan alasan
pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun
yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
|
4. Guru menggunakan berbagai teknik
untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
|
5. Guru merencanakan kegiatan
pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan
pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
|
6. Guru memperhatikan respon
peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan
dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
0
|
1
|
2
|
|
Total skor untuk kompetensi 2
|
||||
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah
indikator × 2
|
12
|
|||
Persentase = (total skor/12) × 100%
|
||||
Nilai untuk kompetensi 2
(0% < X ≤ 25% =
1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100%
= 4)
|
||||
KOMPETENSI 3
Tanggal
|
:
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
:
|
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama
pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1.
Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk
membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi
dasar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan
tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan
pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat
kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas e) sesuai
dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 3
|
|||
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah
indikator × 2
|
8
|
||
Persentase = (total skor/8) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 3
(0% < X ≤ 25% =
1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100%
= 4)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan berkomtar