efek

by http://www.GugusVSukawangi.blogspot.com
SUSUNAN PENGURUS KKG 05 SUKAWANGI : KETUA : NANDANG , S.Pd BENDAHARA : ACEP.HB, S.Pd Sekretaris : ahmad Julia, S.Pd , GURU PEMNDU 1. DADANG ROHMAN, 2 ACEP HB,S.Pd 3. SUTARTO, S.Pd# KEGIATAN : Pelaksanaan Pertemuan KKG (ON Service Pertm 1,dan 2 : Penilaian Kinerja Guru ,Pertemuan 3: Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan, , Pertm 4 :Program Induksi Guru Pemula (PIGP), Pertm 5 Kajian Kritis, Prtm 6 Model-model Pembelajaran, Pertm 7 Silabus dan RPP Berkarakter Bangsa, Pertm 8: Observasi / Melakukan study visit ke sekolah model /kelompok kerja di dalam kabupaten /kota sendiri, Pertm 9: PTK 1 (perencanaan) , Pertm 10: ICT 1, Pertm 11 PTK 2 ( pelaksanaan tindakan ), Pertm 12 :ICT 2 , Pertm 13 : PTK 3, Pertm 14 Penilaian dan Penyusunan soal Pertm 11( Laporan )
" Welcome To Gugus V Sukawangi Alamat : Sukawangi Kecamatan Sukamakmur Kab.Bogor Massage to : E-mail : gugusVsukawangi@gmail.com Phone Call : 085793393298 See Meet Again ! some times"

Jumat, 18 November 2011

LESSON STUDI BAGIAN 2 (PERTEMUAN PERTAMA)


LESSON STUDI BAGIAN 2
PERTEMUAN PERTAMA
A.     PERSIAPAN
Untuk  membelajarkan peserta belajar tentang Lesson Study di KKG/MGMP, pemandu hendaknya melakukan persiapan sebagai berikut.
·      Mempelajari kegiatan belajar yang dirancang dalam BBM ini.
·      Mempelajari bahan bacaan yang terdapat dalam BBM ini dan bahan bacaan yang disarankan.
·      Menyiapkan alat/bahan yang diperlukan dalam sesi pembahasan topik lesson study.
·      Berkoordinasi dengan kepala  sekolah inti untuk pelaksanaan pembelajaran open lesson.
B.     SUMBER BELAJAR
Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan guru peserta dalam kegiatan ini antara lain sebagaimana Tabel 2 berikut.
Tabel 2. Salah Satu Sumber Belajar Lesson Study melalui BBM Lesson Study


NoJudul Keterangan
1Konsep dan Prinsip Lesson studyLampiran 1
2Rambu-rambu Penyusunan Lampiran 2
Rencana Pembelajaran dalam kegiatan Lesson study
3Rambu-rambu pelaksanaan open class dan observasi pembelajaranLampiran 3
Lampiran 4
4Lembar Observasi Pembelajaran dalam Kegiatan Lesson studyLampiran 5
5Panduan Pengamatan Pembelajaran dalam Kegiatan Lesson studyLampiran 6
6Teknik Moderasi dalam Diskusi Refleksi

Penjelasan Alur Kegiatan
Pertemuan pertama
Kegiatan belajar sesi pertama: Konsep Lesson Study
Kegiatan 1.      Pendahuluan (5 menit)
Pada kegiatan pendahuluan  guru/kepala sekolah/ pengawas sekolah pemandu menginformasikan kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan, dan hasil belajar yang diharapkan dalam pertemuan ini. Selanjutnya ajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menggali pengetahuan awal peserta. Pertanyaan yang dapat diajukan, misalnya:
·  Apakah Ibu/Bapak ada yang sudah mengetahui atau melaksanakan lesson study?
·  Apa yang Ibu/Bapak pahami tentang Lesson study?
Untuk menyamakan pemahaman tentang Lesson study, ajaklah peserta mengkaji bahan bacaan 1: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Lesson Study (Lampiran 1)
Kegiatan 2.      Mengkaji Bahan Bacaan (10 menit)                       
Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri atas 4-5 orang. Peserta belajar secara individual membaca bahan bacaan 1 tentang Apa, Mengapa, dan Bagaimana Lesson Study dan setelah selesai membaca mereka diminta menjawab pertanyaan dalam bagian evaluasi.
Kegiatan 3.      Diskusi Kelas (30 menit)
Pemandu memandu diskusi kelas untuk menyamakan pemahaman peserta tentang konsep lesson study.  Diskusi dapat diawali dengan membahas jawaban pertanyaan-pertanyaan yang ada pada bagian evaluasi pada bahan bacaan 1.
Setelah diskusi ini diharapkan indikator pencapaian kompetensi no. 1 sampai 4 dapat tercapai.
Kegiatan 4.      Menyusun rangkuman (10 menit)
Setelah peserta belajar memahami konsep lesson study baik dari hasil bacaan maupun diskusi, pemandu meminta mereka untuk membuat rangkuman materi pada bahan bacaan 1. Rangkuman dapat berupa skema/bagan/peta pikir/peta konsep.
Kegiatan 5.      Evaluasi/refleksi diri (5 Menit)
Pemandu meminta setiap peserta untuk mengevaluasi pencapaian pemahaman mereka tentang konsep lesson study. Evaluasi diri dapat mengacu pada pencapaian indikator 1 s.d 4 dengan memberikan nilai dari 10 s.d. 100.
Kegiatan 6.      Penjelasan tugas (5 menit)
Pemandu menginformasikan tugas terstruktur 1, yaitu peserta diminta untuk mencari dan membaca bahan bacaan tentang konsep lesson study dari berbagai sumber belajar. Selanjutnya, pemandu menginformasikan topik yang akan dididiskusikan pada sesi kedua, yaitu merancang rencana pelaksanaan pembelajaran dalam lesson study.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan berkomtar