LESSON STUDI
BAGIAN 2
PERTEMUAN
PERTAMA
A.
PERSIAPAN
Untuk membelajarkan peserta belajar tentang Lesson Study di KKG/MGMP, pemandu hendaknya
melakukan persiapan sebagai berikut.
·
Mempelajari kegiatan belajar yang
dirancang dalam BBM ini.
·
Mempelajari bahan bacaan yang terdapat
dalam BBM ini dan bahan bacaan yang disarankan.
· Menyiapkan
alat/bahan yang diperlukan dalam sesi pembahasan topik lesson study.
· Berkoordinasi
dengan kepala sekolah inti untuk
pelaksanaan pembelajaran open lesson.
B.
SUMBER BELAJAR
Salah satu sumber belajar yang
dapat digunakan guru peserta dalam kegiatan ini antara lain sebagaimana Tabel 2 berikut.
Tabel 2. Salah Satu Sumber Belajar Lesson Study
melalui BBM Lesson Study
No | Judul | Keterangan |
---|---|---|
1 | Konsep dan Prinsip Lesson study | Lampiran 1 |
2 | Rambu-rambu Penyusunan | Lampiran 2 |
Rencana Pembelajaran dalam kegiatan Lesson study | ||
3 | Rambu-rambu pelaksanaan open class dan observasi pembelajaran | Lampiran 3 |
Lampiran 4 | ||
4 | Lembar Observasi Pembelajaran dalam Kegiatan Lesson study | Lampiran 5 |
5 | Panduan Pengamatan Pembelajaran dalam Kegiatan Lesson study | Lampiran 6 |
6 | Teknik Moderasi dalam Diskusi Refleksi |
Penjelasan Alur Kegiatan
Pertemuan pertama
Kegiatan belajar sesi pertama:
Konsep Lesson Study
Kegiatan
1. Pendahuluan (5 menit)
Pada kegiatan pendahuluan
guru/kepala sekolah/ pengawas sekolah pemandu menginformasikan
kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan
dilakukan, dan hasil belajar yang diharapkan dalam pertemuan ini. Selanjutnya
ajukan pertanyaan-pertanyaan untuk menggali pengetahuan awal peserta.
Pertanyaan yang dapat diajukan, misalnya:
· Apakah Ibu/Bapak
ada yang sudah mengetahui atau melaksanakan lesson study?
· Apa yang
Ibu/Bapak pahami tentang Lesson study?
Untuk menyamakan pemahaman tentang Lesson
study, ajaklah peserta mengkaji bahan
bacaan 1: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Lesson
Study (Lampiran 1)
Kegiatan 2. Mengkaji
Bahan Bacaan (10 menit)
Peserta
dibagi ke dalam beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri atas 4-5 orang.
Peserta belajar secara individual membaca bahan bacaan 1 tentang Apa, Mengapa, dan
Bagaimana Lesson Study dan setelah selesai membaca mereka diminta
menjawab pertanyaan dalam bagian evaluasi.
Kegiatan 3. Diskusi
Kelas (30 menit)
Pemandu
memandu diskusi kelas untuk menyamakan pemahaman peserta tentang konsep lesson study. Diskusi dapat diawali dengan membahas jawaban
pertanyaan-pertanyaan yang ada pada bagian evaluasi pada bahan bacaan 1.
Setelah diskusi ini diharapkan indikator pencapaian kompetensi no. 1 sampai
4 dapat tercapai.
Kegiatan 4. Menyusun
rangkuman (10 menit)
Setelah
peserta belajar memahami konsep lesson
study baik dari hasil bacaan maupun diskusi, pemandu meminta mereka untuk
membuat rangkuman materi pada bahan bacaan 1. Rangkuman dapat berupa
skema/bagan/peta pikir/peta konsep.
Kegiatan 5. Evaluasi/refleksi
diri (5 Menit)
Pemandu
meminta setiap peserta untuk mengevaluasi pencapaian pemahaman mereka tentang
konsep lesson study. Evaluasi diri
dapat mengacu pada pencapaian indikator 1 s.d 4 dengan memberikan nilai dari 10
s.d. 100.
Kegiatan 6. Penjelasan
tugas (5 menit)
Pemandu
menginformasikan tugas terstruktur 1, yaitu peserta diminta untuk mencari dan
membaca bahan bacaan tentang konsep lesson
study dari berbagai sumber belajar. Selanjutnya, pemandu menginformasikan
topik yang akan dididiskusikan pada sesi kedua, yaitu merancang rencana
pelaksanaan pembelajaran dalam lesson
study.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan berkomtar