efek

by http://www.GugusVSukawangi.blogspot.com
SUSUNAN PENGURUS KKG 05 SUKAWANGI : KETUA : NANDANG , S.Pd BENDAHARA : ACEP.HB, S.Pd Sekretaris : ahmad Julia, S.Pd , GURU PEMNDU 1. DADANG ROHMAN, 2 ACEP HB,S.Pd 3. SUTARTO, S.Pd# KEGIATAN : Pelaksanaan Pertemuan KKG (ON Service Pertm 1,dan 2 : Penilaian Kinerja Guru ,Pertemuan 3: Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan, , Pertm 4 :Program Induksi Guru Pemula (PIGP), Pertm 5 Kajian Kritis, Prtm 6 Model-model Pembelajaran, Pertm 7 Silabus dan RPP Berkarakter Bangsa, Pertm 8: Observasi / Melakukan study visit ke sekolah model /kelompok kerja di dalam kabupaten /kota sendiri, Pertm 9: PTK 1 (perencanaan) , Pertm 10: ICT 1, Pertm 11 PTK 2 ( pelaksanaan tindakan ), Pertm 12 :ICT 2 , Pertm 13 : PTK 3, Pertm 14 Penilaian dan Penyusunan soal Pertm 11( Laporan )
" Welcome To Gugus V Sukawangi Alamat : Sukawangi Kecamatan Sukamakmur Kab.Bogor Massage to : E-mail : gugusVsukawangi@gmail.com Phone Call : 085793393298 See Meet Again ! some times"

Jumat, 18 November 2011

PERTEMUAN PERTAMA ONSERVICE 2 (LESSON STUDY)


Lesson Study
Pertemuan Pertama Onservice
A.     PENGANTAR
Istilah lesson study masih relatif asing di kalangan sebagian besar guru di Indonesia. Sesungguhnya, lesson study telah lama berkembang di Jepang, yakni sekitar abad ke-19. Namun baru masuk dan mulai dikembangkan di Indonesia sekitar akhir 2004 oleh para tenaga ahli JICA (Japan International Cooperation Agency) melalui program IMSTEP (Indonesian Mathematics and Science Teaching Education Project). Kemudian dilanjutkan pengembangannya melalui Program SISTTEMS (Strengthening In-Service Teacher Training of Mathematics and Science Education at Junior Secondary Level) pada Tahun 2006 - 2008, dan juga PELITA (Program for Enhancing Quality of Junior Secondary Education) pada Tahun 2009 – 2012.
Apa sesungguhnya lesson study itu? Banyak kalangan yang kurang memahami lesson study, mereka menganggap lesson study sebagai suatu pendekatan, metode atau model pembelajaran layaknya pembelajaran kooperatif, inkuiri, CTL, atau sejenisnya. Ada yang mengidentikkan lesson study dengan PTK. Bahkan ada yang memahami lesson study layaknya latihan mengajar seperti microteaching. Untuk dapat memahami dengan tepat apa itu lesson study, maka dalam BBM ini guru peserta belajar akan dipandu untuk mempelajarinya.

1.       Kedudukan  Topik Lesson Study
Lesson study didiskusikan di KKG/MGMP/KKKS/MKKS/ KKPS/MKPS sebelum membahas BBM Generik PTK untuk memberikan pemahaman apa, mengapa, dan bagaimana lesson study dilaksanakan sebagai  model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik.

2.       Pentingnya mempelajari Lesson Study
Lesson Study perlu dipahami karena dalam program belajar BERMUTU digunakan tiga pendekatan utama, yaitu Lesson Study, Penelitian Tindakan Kelas, dan Case Study. BBM Lesson Study ini disusun untuk menjadi salah satu acuan dan panduan teknis pelaksanaan Lesson Study di KKG/MGMP, khususnya dalam implementasi program BERMUTU maupun pada kegiatan pengembangan guru di luar program BERMUTU.  Dengan demikian diharapkan Lesson Study dapat menjadi suatu pola kegiatan KKG/MGMP yang diharapkan mampu menjadi mesin penggerak putaran KKG/MGMP yang lebih konsisten dan efektif.

3.       Ruang Lingkup
Ruang lingkup pembahasan Lesson Study meliputi:
·      konsep dan prinsip Lesson Study;
·      cara merancang pembelajaran yang efektif dalam kegiatan Lesson Study;
·      cara melaksanakan pembelajaran yang diobservasi (open lesson) secara efektif; dan
·      tatacara diskusi refleksi yang efektif.
       
4.       Petunjuk Kegiatan
Kegiatan untuk mempelajari Lesson Study ini akan difokuskan pada pemahaman konsep Lesson Study kemudian berlatih mempraktikkan tahapan kegiatan Lesson Study yang meliputi perencanaan pembelajaran  (plan), melaksanakan pembelajaran open lesson (do), dan diskusi refleksi hasil observasi pembelajaran open lesson (see).
B.     KOMPETENSI DAN INDIKATOR  PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi yang ingin dicapai dari kegitan belajar di KKG/MGMP adalah sebagaimana tabel 1 berikut.

Tabel 1. Kompetensi dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Pembelajaran BBM Lesson Study


Kompetensi Indikator Pencapaian Kompetensi
Memahami  konsep  lesson study1menjelaskan pengertian lesson study 
dan mengimplementasikannya  secara konseptual dan praktis;
dalam kegiatan belajar di KKG2menjelaskan pengertian Lesson Study secara praktis;
 3 menjelaskan prinsip-prinsip lesson study;
 4menjelaskan tahap-tahap pelaksanaan lesson study ;
 5 menjelaskan alasan tentang perlunya guru
  melakukan kegiatan lesson study
  untuk meningkatkan kompetensinya;
 6menjelaskan pentingnya penyusunan
  rencana pembelajaran sebelum
  pelaksanaan open lesson;
 7 menyebutkan langkah-langkah
  penyusunan rencana pembelajaran untuk open lesson;
 8  menyebutkan hal-hal yang
  harus diperhatikan dalam
   menyusun rencana pembelajaran yang baik;
 9menyusun rencana pembelajaran
   yang operasional untuk
  pelaksanaan open lesson yang efektif;
 10menjelaskan hal-hal yang harus
   diperhatikan dalam melaksanakan open lesson;
 11 melaksanakan open lesson secara efektif;
 12  melaksanakan observasi pembelajaran secara cermat;
 13menjelaskan pentingnya kegiatan refleksi dalam lesson study
 14menjelaskan rambu-rambu
  pelaksanaan refleksi yang interaktif dan efektif;
 15melaksanakan kegiatan
  diskusi refleksi secara interaktif dan efektif;
 16merencanakan tindak lanjut dari kegiatan lesson study.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan berkomtar