efek

by http://www.GugusVSukawangi.blogspot.com
SUSUNAN PENGURUS KKG 05 SUKAWANGI : KETUA : NANDANG , S.Pd BENDAHARA : ACEP.HB, S.Pd Sekretaris : ahmad Julia, S.Pd , GURU PEMNDU 1. DADANG ROHMAN, 2 ACEP HB,S.Pd 3. SUTARTO, S.Pd# KEGIATAN : Pelaksanaan Pertemuan KKG (ON Service Pertm 1,dan 2 : Penilaian Kinerja Guru ,Pertemuan 3: Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan, , Pertm 4 :Program Induksi Guru Pemula (PIGP), Pertm 5 Kajian Kritis, Prtm 6 Model-model Pembelajaran, Pertm 7 Silabus dan RPP Berkarakter Bangsa, Pertm 8: Observasi / Melakukan study visit ke sekolah model /kelompok kerja di dalam kabupaten /kota sendiri, Pertm 9: PTK 1 (perencanaan) , Pertm 10: ICT 1, Pertm 11 PTK 2 ( pelaksanaan tindakan ), Pertm 12 :ICT 2 , Pertm 13 : PTK 3, Pertm 14 Penilaian dan Penyusunan soal Pertm 11( Laporan )
" Welcome To Gugus V Sukawangi Alamat : Sukawangi Kecamatan Sukamakmur Kab.Bogor Massage to : E-mail : gugusVsukawangi@gmail.com Phone Call : 085793393298 See Meet Again ! some times"

Sabtu, 19 November 2011

RAMBU-RAMBU PELAKSANAAN OPEN LESSON DAN OBSERVASI PEMBELAJARAN

LAMPIRAN 3: Bahan Bacaan 3

RAMBU-RAMBU PELAKSANAAN OPEN LESSON
DAN OBSERVASI PEMBELAJARAN
Secara prinsip tidak ada perbedaan antara pembelajaran rutin dengan pembelajaran dalam konteks open lesson. Namun karena pembelajaran dalam konteks open class ada pengamatan dan refleksi maka diperlukan perangkat dan pengaturan khusus dalam pelaksanaan pembelajaran. Perangkat pendukung kegiatan open class atara lain berupa denah tempat duduk siswa/mahasiswa, lembar observasi, perekam kegiatan belajar, rambu-rambu observasi dan refleksi.
1.    Setting Kelas
Dalam kegiatan open lesson hadir sejumlah pengamat. Jumlah pengamat yang melakukan pengamatan tidak ada ketentuan minimal atau maksimal. Yang menjadi pertimbangan adalah ketersediaan ruang (space) kelas yang sesuai untuk sejumlah pengamat. Yang pokok, bahwa para pengamat dapat mengamati secara leluasa dan dapat mendekat ke siswa, agar dapat mengamati dan mendengarkan dengan jelas apa saja yang dilakukan dan dibicarakan siswa dalam belajar. Apakah tingkah laku siswa tersebut terkait atau mendukung efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran? Oleh karena itu, ruang kelas harus ditata sedemikian rupa agar proses open class berjalan lancar.
            Beberapa rambu-rambu yang harus diperhatikan antara lain sebagai berikut:
1.      Ruang kelas yang dipakai harus disesuaikan dengan jumlah pengamat yang akan hadir atau sebaliknya jumlah pengamat dibatasi sesuai dengan ukuran kelas dan jumlah siswa.
2.      Prinsipnya; pengamat memiliki ruang untuk berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain untuk mendekat ke siswa yang sedang dalam fokus pengamatannya dengan tanpa menganggu siswa atau guru.
3.      Jika pembelajaran dilaksanakan dalam setting kerja kelompok, maka harus ada ruang bagi guru dan pengamat untuk mendekati siswa dan dapat berpindah dari satu kelompok ke kelompok yang lain.
4.      Jumlah siswa dalam kelompok sebaiknya tidak lebih dari 4 orang dengan komposisi yang heterogen dari aspek kemampuan dan gender.
2.    Denah tempat duduk siswa
Dalam kegiatan observasi pembelajaran para pengamat harus dapat dengan mudah mengamati fakta/peristiwa belajar yang terjadi dan dengan mudah mengenali setiap siswa. Oleh karena itu, jika siswa dirancang akan melakukan pembelajaran dalam bentuk kerja kelompok, maka sebaiknya ada denah tempat duduk atau kelompok kerja, yang antara lain berisi gambar/denah, nomor dan nama siswa.
3.    Lembar Observasi
Pada dasarnya observasi dalam konteks lesson study difokuskan pada aktivitas belajar siswa, dan bukan pada langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Walaupun sesungguhnya apa yang dilakukan oleh siswa dalam kegiatan belajar terkait dengan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam mengajar. Lesson study bukan microteaching atau peer teaching. Hal ini perlu ditegaskan mengingat seringkali pada saat refleksi para pengamat lebih banyak mengomentari bahkan mengkritik langkah-langkah pembelajaran yang dibuat oleh guru dari pada aktivitas dan keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu, agar observasi terarah pada aspek-aspek yang harus diamati diperlukan lembar observasi.
Pada dasarnya lembar observasi yang pernah digunakan dalam kegiatan lesson study dipergunakan oleh para guru atau pengamat yang sedang dalam proses belajar mengamati pembelajaran. Hal ini dilakukan agar pengamatan lebih terarah. Namun ketika sudah terampil atau mahir dalam observasi cukup menggunakan buku catatan kosong sebagai alat perekam. Contoh lembar observasi yang pernah digunakan dapat dilihat sebagaimana Lampiran 4.
4.    Perekam Kegiatan Belajar
Fakta-fakta atau peristiwa belajar yang menarik dapat direkam dalam bentuk catatan anekdotal atau direkam melalui kamera foto atau video (jika ada). Selain sebagai alat dokumentasi, rekaman video atau foto dapat digunakan sebagai bukti otentik yang akan dirunjuk atau dikemukakan pada saat refleksi. Namun demikian perekaman tidak menjadi suatu keharusan.
5.    Rambu-rambu Observasi
Bagi para pengamat pembelajaran pemula dalam kegiatan lesson study diperlukan rambu-rambu agar dapat melakukan observasi dengan tepat dan cermat. Dalam rambu-rambu observasi akan dijelaskan antara lain tentang: dimana sebaiknya posisi pengamat pada saat mengamati kelas, bagaimana cara mengamati.
Lampiran 4: Bahan Bacaan 4

LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN
DALAM KEGIATAN LESSON STUDY

Tanggal: .......   ..................... 20…..
Topik Pembelajaran: ………………………………………………….

AApakah semua siswa  benar-benar telah belajar tentang topik
 pembelajaran hari ini? Bagaimana proses mereka belajar? (
 (disertai fakta konkret dan alasannya)
BSiswa  mana yang tidak dapat mengikut kegiatan
 pembelajaran pada hari ini
 (harus didasarkan pada fakta konkret yang diamati dengan disertai nama siswa)
CMengapa siswa tersebut tidak dapat belajar dengan baik?
  Menurut Anda apa penyebabnya dan bagaimana alternatif solusinya?
 (disertai alasan, analisis yang mendalam, dan jika mungkin dasar rujukan yang sesuai)
DBagaimana usaha guru  dalam mendorong siswa yang tidak aktif untuk belajar?
EPelajaran berharga apa yang dapat Anda petik dari pengamatan pembelajaran hari ini?
 Catatan: Aspek-aspek lain yang dapat dicermati oleh pengamat antara lain:
 Interaksi antar siswa-siswa dalam satu kelompok,
 siswa-siswa dalam satu kelompok, siswa-siswa antar kelompok, siswa -
 guru, siswa - media/sumber belajar, siswa – lingkungan.

Guru Model/ Kelas /Sekolah: ……………………………/………………………./…………………….
Nama Pengamat ………………………………… Jabatan: Guru / KS / Pengawas / Dosen /  WI/....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan berkomtar